PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DI SMK PU NEGERI BANDUNG

Salwa Saraswati, Nandan Supriyatna, Sri Rahayu, Hery Wiharja

Abstract


Abstract - Assignment is one way teachers in the learning process that can encourage students to improve understanding of the subject matter that has been given by the teacher. From the activities of the learning process, educators can see the extent to which the student's ability to understand a subject matter. This study aims : (1) to determine the general description of structured Assignment, (2) to determine the general description of student learning outcomes, and (3) to determine the effect of structured assignment on the learning outcomes of Class XI students in SMK PU Negeri Bandung on the subject of construction cost estimation. The research method used in this study is a quantitative research method, in which to answer the formulation of the problem the researchers used a tendency test, a simple linear regression analysis of Theil method and correlational analysis. Data collection techniques using questionnaires with Likert scale and documentation in the form of structured task value of construction cost estimation subjects. The results of this descriptive analysis showed a picture of structured assignment is quite good and the picture of student learning outcomes with an average of 71.7 included in the category of good. The test results with Theil regression analysis and Spearman Rank Correlation obtained Zhitung value (3.083) > Ztabel (1.96) means H0 is rejected, then Ha is accepted. Thus the provision of structured tasks significantly affect the learning outcomes of students in Class XI at SMK Pu Negeri Bandung on the subject of construction cost estimation.

Keywords: Structured Assignment, Learning Outcomes


Abstrak - 

Pemberian tugas merupakan salah satu cara guru dalam proses pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk memperbaiki pemahaman materi pelajaran yang sudah diberikan oleh gurunya. Dari kegiatan proses pembelajaran itu, pendidik dapat melihat sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami suatu materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui gambaran umum pemberian tugas terstruktur, (2) untuk mengetahui gambaran umum hasil belajar siswa, dan (3) untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMK PU Negeri Bandung pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, di mana untuk menjawab rumusan masalahnya peneliti menggunakan uji kecenderungan, analisis regresi linier sederhana metode Theil dan analisis korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala Likert dan dokumentasi berupa nilai tugas terstruktur mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Hasil analisis deskriptif ini menunjukkan gambaran pemberian tugas terstruktur sudah cukup baik dan gambaran hasil belajar siswa dengan rata – rata sebesar 71,7 termasuk dalam kategori baik. Hasil pengujian dengan analisis regresi Theil dan korelasi Spearman Rank diperoleh nilai Zhitung (3,083) > Ztabel (1,96) artinya H0 ditolak, maka Ha diterima. Dengan demikian pemberian tugas terstruktur berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMK PU Negeri Bandung pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Tugas Terstruktur


Keywords


Hasil Belajar, Tugas Terstruktur,Structured Assignment, Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Fadilla, S. A., Rahayu, S., Bangunan, T., Pendidikan, F., & Indonesia, U. P. (2020). Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Pengumpulan Tugas pada Pembelajaran Daring di SMKN 6 Bandung PENDAHULUAN Pada awal tahun 2020 pandemi Covid- 19 atau Coronavirus Disease 2019 yang merupakan virus atau penyakit yang menyebabkan infeksi saluran pernap. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, IV(2), 117–131.

Hidayah, A. N. (2011). Metode Theil Pada Analisis Regresi Linear Sederhana Nonparametrik.

Juliwardi, I., & Ganefri, G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Sekolah Menengah Kejuruan. VOCATECH: Vocational Education …, 1.

Rahayu, S., & Iswardhany, R. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Penyelesaian Tugas Terstruktur Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Upi. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(1), 24–36. https://doi.org/10.21831/jpts.v2i1.31963

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada.

S. Arikunto. (2010). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

S. Azwar. (2012). Penyusunan Skala Psikologi “Edisi 2.” Pustaka Pelajar.

Sabriani, S. (2012). Penerapan Pemberian Tugas Terstruktur disertai Umpan Balik pada Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Materi Pokok Struktur Atom Kelas X6 SMA Negeri Watampone). Jurnal Chemica, 13, 39–46.

Salsabilla, J. R., Meirawan, D., & Rahayu, S. (2022). PENGARUH INTEGRASI SOFT SKILLS TERHADAP HASIL BELAJAR GEDUNG. 4(September), 36–44.

Sari, E. P., & Sukardi, S. (2020). Optimalisasi Penggunaan E-learning dengan Model Delone dan McClean. Journal of Education Technology, 4(2), 141. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24819

Sidik, M. P., Rahayu, S., & Wiharja, H. (2022). Analisis Perencanaan Desain Jaringan Distribusi Air Bersih pada Proyek CWP-01 Pembangunan Gedung Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Technology Journal, 3(April), 54–64. https://doi.org/10.38038/vocatech.v3i2.78

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. CV. ALFABETA.

Sugiyono, D. (2019). Statistika untuk Penelitian. CV. ALFABETA.

Wiharja MS, H., Rahayu, S., & Rahmiyati, E. (2020). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Pendidikan Vokasi. VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 2(1). https://doi.org/10.38038/vocatech.v2i1.40

Yuliara, I. M. (2016). Modul Regresi Linier Sederhana. Universitas Udayana, 1–10.




DOI: https://doi.org/10.38038/vocatech.v4i2.97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOCATECH : Vocational and Technology Journal
Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Penjaminan Mutu
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat
Komplek STTU Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23615
Telp. (0655) 7110271
Email: vocatech@aknacehbarat.ac.id


VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal Published by:
Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Penjaminan Mutu
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat


Indexed by:

GS2 logoCrossref logoGaruda logosinta-5 logosinta-5 logo

Creative Commons License logo

VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.